Jun 08 2016

Dosen FH UII Meraih Best Speaker Dalam Konferensi Internasional Di Republik Ceko

Published by at 7:23 pm under News,Others

Lednice, Sabtu (4/6) - Satu lagi kabar yang membahagiakan bagi civitas akademika Fakultas Hukum, Universitas Islam Indonesia. Salah satu Dosen Tetap FH UII, Dodik Setiawan Nur Heriyanto meraih penghargaan sebagai “The Best Speaker” dalam Konferensi Internasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum, Masaryk University bekerjasama dengan Wolters and Kluwers Company dan lawfirm ternama di Eropa Timur. Konferensi Internasional ini diselenggarakan pada tanggal 28-30 April 2016 di Kota Lednice, Republik Ceko (Czech Republic). Sebanyak kurang lebih 200 peserta dari berbagai negara (seperti Inggris, Polandia, Rusia, Slovakia, Jordania, dan Hungaria) berpartisipasi dalam Conference for Young International Lawyers.

Bapak Dodik – begitu panggilan kesehariannya, pada saat konferensi menjadi salah satu pembicara dalam forum yang bertemakan “Resolution of International Disputes and Public Law in the Context of Current Immigration Crisis”. Sebagai satu-satunya peserta yang berasal dari Indonesia, beliau memaparkan presentasi mengenai tantangan imunitas bagi aktor non-negara dalam hukum internasional. “Saya membahas ragam perbedaan pendekatan imunitas baik di Common Law legal system, Civil Law legal system, dan Mixed Legal system. Dari ragam perbedaan pendekatan tersebut saya mengambil pendekatan yang efektif dan bisa diajukan sebagai model pendekatan yang efektif dan praktis untuk menghadapi sistem hukum yang masih menggunakan pendekatan absolut yang tidak berkeadilan. Analisis ini juga merupa-kan salah satu bahasan dalam penelitian disertasi saya. Alhamdulillah, paper saya juga terpilih dan saat ini sedang dalam proses review untuk dipublikasikan dalam proseeding konferensi yang terindeks web science dan scopus yang akan diterbitkan secara resmi oleh Fakultas Hukum, Masaryk University (Republik Ceko).” ujar beliau saat membalas pertanyaan Bapak Dekan FH UII, Dr. Aunur Rahim Faqih, SH, MH terkait perkembangan study nya. Perlu diketahui, Fakultas Hukum, Masaryk University ini merupakan Fakultas Hukum terbaik di Republik Ceko.

Saat ini, beliau sedang menempuh study S3 di Gèza Marton Doctoral School of Legal Stud-ies, University of Debrecen. “Mengikuti konferensi internasional adalah suatu kewajiban bagi mahasiswa Doktoral di Eropa yang mana kegunaannya untuk mendapatkan masukan sekaligus mensosialisasikan penelitian yang sedang dilakukan. Dari sini proses mempertahankan kebaharuan konten penelitian berlangsung. Hasil akhirnya dapat berupa jurnal internasional dan book proceeding agar dapat diakses oleh para scholars di dunia.” ujarnya. Meskipun, pembiayaan untuk berangkat konferensi ke Republik Ceko dibiayai dengan beasiswa, beliau tetap mencantumkan asal institusi bekerja (FH-UII) setiap kali menghadiri konferensi internasional di Eropa sebagai bentuk dedikasi untuk almamaternya yaitu Fakultas Hukum, Universitas Islam Indonesia.

Berita selengkapnya: http://law.uii.ac.id/berita-hukum/tambah-baru/best-speaker-cofola-conference-masaryk-university-dari-fh-uii.html

No responses yet

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply

*